Senin, 23 Mei 2011

Tembang Sufi Nusrat Khan


Biasa dengar lagu Allahu oleh Raihan. Sebenarnya lagu itu asalnya dinyanyikan oleh Sir Nusrat Fateh Ali Khan atau yang dikenal dengan Nustrat Khan. Kepiwaiannya dalam bermusik mengantarakan sosoknya

menjadi orang termasyhur sejagat. IA seorang lagenda dalam musik Qawwali jenis musik trasisional India yang syarat dengan nilai nilai sufistik. WAlaupun sebagaian mengatakan bahwa banyak mengandung unsur syiah.

Namun demikian, nusrat adalah musisi yang banyak mendapatkan perhatian. Baik oleh kalangan musisi dunia seperti Peter Gabriel hinnga Mic Jagger, beberapa musisi nasyid sekarang banyak terisniptasi olehnya. Tidak salah kalau TIME tanggal 6 November 2006, “60 Tahun dari Asia Heroes”, daftar Nusrat sebagai salah satu dari 12 seniman atas dan Pemikir dalam 60 tahun terakhir

Penyanyi rock dunia, Mick Jagger pernah menyempatkan diri menonton konser musisi yang satu ini. Ia begitu kagum luar biasa. Ia bahkan ikut larut dalam tembang yang dinyanyikan Nustat Khan. “ Beruntung aku dapat tempat duduk yang tepat sehingga dapat menyaksikansendiri reaksi para penonton terhadap Qawali. Sebagaimana di setiap sajian Qawalli, pujian kepada Alloh SWT selalu mengawali acara. Sebagian besar orang-orang Muslim itupun langsung jatuh kedalam ekstasi karena kekuatan hamd : Alloh hu, Alloh hu Alloh hu , dibelakang sebuah meja, persis di depan panggung, saya lihat Mick Jagger mengayun-ayunkan kepala dan bahunya mengikuti irama seolah tersihir,” kata Prof Ali Akbar. Bahkan ia menyebutnya dengan manusia dengan suara terindah di muka bumi.

Nusrat Fateh Ali Khan dikenal sebagai musisi yang masyhur. Pria kelahiran Pakistan 13 Oktober 1948 dikenal di seluruh dunia sebagai penyanyi yang mempunyai kemapuan luar biasa. Khususnya penyanyi Qawwali yaitu musik puji-pujian para sufi. Ia berhasil membawa musik sufi ke level internasional dan menciptakan generasi baru pecinta Qawwali, baik di Pakistan maupun di seluruh dunia. Nustrat adalah anak kelima dan putra pertama dari Ustad Fateh Ali Khan, seorang musikolog, vokalis, instrumentalis, dan Qawwal.

Secara tradisional, Qawwali dipraktekkan turun temurun. Keluarga Nusrat (yang berasal dari Afganistan) memiliki tradisi yang tak terputus dalam mementaskan qawwali selama 600 tahun. Salah satu julukan kehormatannya adalah Shahenshah-e-Qawwali, berarti Kaisar Qawwali (Emperor of Qawwals).
Khan mulai dengan belajar memainkan tabla dengan ayahnya, sebelum belajar pada Raag Vidya dan Bol Bandish. Pada tahun 1971, Nusrat menjadi pemimpin group musik Qawalli yang didirikan bersama keluarganya. Hasil rekamannya disiarkan diradio sebagai dari sebuah festival musik Jashn-e-Baharan. Khan bernyanyi terutama dalam bahasa Urdu dan Punjabi dan kadang-kadang dalam bahasa Persia, Brajbhasha dan Hindi.
Adapun hit besar pertamanya di Pakistan adalah lagu Haq Ali Ali, yang dilakukan dengan gaya dan instrumentasi tradisional. Kariernya mulai meroket setelah menandatangi kerjasama dengan perusahaan rekaman Oriental Star Agencies (OSA) Birmingham Inggris. Label ini yang mensopnsori tur konser
di Inggris pada era 80-an.

Beberapa Penghargaan
Banyak musisi yang pernah bekerjasama dengannya. Ia pernah bekerja sama dengan dedengkot World Music, Peter Gabriel tahun 1985, Peter Gabriel kemudian merilis lima album Nusrat’s Qawwali tradisional, bersama-sama dengan beberapa karya eksperimental-nya yang termasuk album Mustt Mustt dan Rise Star. Kemudian musisi Kanada Michael Brook bekerjsama di album Mustt Mustt (1990) dan Song Night (1996) Nama lainnya adalah vokalis Pearl Jam Eddie Vedder dalam 1995.
Beberapa penghargaan pernah diterimanya . Ia memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka VII 1996. Pada tahun 1997 albumnya masuk nominasi Grammy Award di Amerik untuk kategori musik rakyat tradisional.

Khan jatuh sakit dengan gagal ginjal dan hati dan meninggal 11 Agustus 1997 di London. Ia wafat Inggris dalam perjalanan ke Los Angeles untuk menerima transplantasi ginjal. Jenazahnya kemudian dibawa ke Faisal abad, Pakistan dan pemakamannya dihadiri oleh banyak orang.(Oleh: Nurul Huda)

0 komentar: